Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 19 Mei 2013

APRESIASI KARYA SENI TARI TUNGGAL NUSANTARA


Generasi muda di suguhi aneka jenis seni,khusus nya tari di media elektronik
Yang lebih berkiblat ke barat. Ada juga pertunjukan tari daerah(etnis) Nusantara
Di tayangkan secara sepintas saja dan dalam kemasan acara lain. Dengan kata lain
Tradisional Nusantara di media televisi hanyalah sebagai “pelengkap”.
Tradisional Nusantara , misalnya mengamati jenis, peranan, dan fungsi tari itu dalam masyarakat pemilik nya

  1. Jenis,Peran, dan Perkembangan Tari Tunggal Nusantara
      Mengupas tari tunggal nusantara tidak terlepas dari jenis, peran dan perkembangannya. Peran tari tunggal nusantara sangatlah beragam. Menyangkut tentang riwayat terbentuk sampai wujud yang ada sekarang dan sejarah panjang tari sampai tari itu berperan bagi masyarakat pemiliknya.
  1. Jenis tari tunggal nusantara
                  Jenis tari tunggal nusantara yang begitu banyak pada hakikat nya dapat diringkas menjadi empat kelompok, yaitu sebagai berikut.
  1. tari ritual(kesuburan)
  2. tari keprajuritan (kewiraan)
  3. tari perang
  4. tari pergaulan
     
      Jenis tari tunggal nusantara terdapat dalam berbagai bentuk tarian yang terkadang sulit . Dengan kata lain, bisa terjadi satu tari berperan dalam berbagai keperluan,baik sosial, politik, agama, kepercayaan, maupun hiburan.

      Jenis tari tunggal nusantara yang dikenal masyarakat jawa, misalnya: tari eko prawiro, gambiranom, merak , dan gambayong , Jenis tari tunggal nusantara yang di kenal masyarakat bali , misalnya: tari pendet, margapati,panji semirang, kebyar duduk, baris,keris barong. Jenis tari tunggal Nusantara yang dikenal masyarakat sunda misalnya : tari kandangan sulintang, dan dewi .

  1. peran tari tunggal nusantara
      peran tari  nusantara sedikit banyak dipengaruhi oleh geografis dan karakteristik masyarakat pemiliknya. Karakteristik di bentuk oleh tempat tinggal atau letak geografis masyarakatnya.orang yang tinggal digunung tentu berbeda dengan orang yang tinggal di tepi pantai. Demikian mereka yang tinggal di kota besar tentu berbeda karakter dengan yang tinggal di pedesaan. Berbeda pula karakter masyarakat yang berdomisili di lingkungan keraton dengan masyarakat yang berdomisili di luar keraton.
      Oleh karena itu jika latar belakang tempat tinggal sangat mempergaruhi karakter ciptaan seni atau lebih sepesifik lagi tari tunggal.
     
      Hubungan tari dan peran juga dipengaruhi oleh penciptannya.bagi seorang koreo grafer kejadian dan fenomena adalah sumber gerak yang sangat  kaya. Jika ide itu telah menjadi bentuk maka tidak lepas dari hasil pengamatan langsung di sekitarnya.

      Peran dalam pengertian yang lebih luas berarti fungsi dan gunanya. Hampir semua orang  mengetahui betapa besarnya peranan tari bagi masyarakat pemiliknya.
Peran tari tunggal dapat digolongkan sebagai beriku:

    1. pemberian motivasi
      dikatakan memberi motivasi karena selalu membangkitkan semangat           untuk bangkit dan melawan penjajah
    1. pemujaan
      pemujaan yang sering menggunakan tari untuk mendukun kepentingan       ritual, antara lain :  nazar, panen padi, minta hujan.
       Sementara itu tari tunggal nusantara yang biasa di gunakan untuk   mendukung upacara ritual antara lain srimpi,tayub, sintreen. Biasanya tari ini di gunakan untuk ritual permohonan hujan dan keselamatan.
    1. pergaulan
      pada umum nya peran tari tunggal nusantara di kaitkan dengan perhelatan tertentu atau untuk upacara magi-simpatreis, misalnya upacara minta             hujan, perkawinan, dan mengusir wabah penyakit.

  1. perkembangan tari tunggal nusantara
      di mulai dari proses panjang sejak manusia mengenal fungsi tubuh mereka. Setiap manusia normal pasti dapat menggerakan anggota tubuh mereka dengan bebas,luwes, dan enak. Proses terbentuknya sebuah tarian diduga di mulai dari keinginan manusia untuk mengapresiasi kan kebutuhan estetis melalui gerak tubuh mereka. Berangkat dari gerak sederhana, melalui proses panjang akhirnya terbentuklah aneka jenis tarian dengan berbagai  fungsi dan gunanya .
      setiap peristiwa alam dan  hal-hal yang menyangkut suasana  hati selalu mempengaruhi  penciptaan seni, demikian juga setiap etnis akan merasakan,menangkap, dan mempengaruhi suatu peristiwa besar dengan perasaan dan pikiran yang kurang lebih sama.
      Bagi seniman pencipta tari koreografer, suatu peristiwa menjadi materi dasar yang menarik dan bermakna untuk dijadikan karya seni.
      Tari tradisional nusantara sendiri dibangun dalam rentang waktu yang sangat panjang, bisa mencapai hitungan abad. Beberapa tari tunggal yang mengalami perubahan bentuk dan fungsi, antara lain : tari seblang, sintren, tayub,ronggeng, sang hyang, dan pakarena.
      Dengan uraian di atas ,tari tradisional nusantara sangat berguna bagi kepentingan sosial atau ritual masyarakat pemiliknya. Upacara yang sering  menggunakan tari untuk mendukung kepentingan sosial, antara lain: peresmian gedung ,perayaan pernikahaan, HUT RI, menyambut tamu agung negara sahabat , kedatangan pejabat penting, dan kampanye. Sementara itu, tari yang digunakan untuk mendukung keperluan sosial , misalnya : tari gambyong,pendet, ngremo, tayub, dan lilin.

B. unsur  estetis tari tunggal nusantara
      Tari juga mengenal pembagian jenis karya , jika seni lukis mengenal lukis natural (alami),abstrak, dada,kubis surrealist, dan superralist,maka demikian pula halnya seni tari.
      Di dalam istilah seni, semua kebutuhan seni itu mencakup dalam perbincangan ekspresi estetis ,bagaimana pun juga kepuasan batin seniman dan penghayatan harus diletakan pada posisi tertinggi di bidang seni.

      Setiap seni  pasti mempunyai unsur estetis di dalamnya.. misalnya ,medium di tangan seniman  handal mampu menghasilkan karya spektakuler dan mengagumkan. Sebalik nya tidak berguna apa bila berada di tangan yang awam. Bukan berarti orang awam tidak boleh berkarya seni .

      Khususnya unsur estetis tari tunggal adalah gerak detail,rias,busana, dan kebebasan ekspresi. Gerak detail meliputi gerak tangan ,kepala,mimik dan rias meliputi wajah, rambut badan, tangan, kaki.

      Di dalam seni tari terdapat jenis tari tunggal, kelompok / berpasangan, dan massal. Unsur estetis terpenting tari tunggal adalah menyangkut tentang hal detail

      Perlu juga diketahui bahwa unsur estetis suatu seni masih harus di kaitkan pada ”siapa”  orang yang berbicara atau memanfaatkannya. Dengan kata lain , suatu bentuk tari tunggal etnis bali tidak dapat dengan mudah di pahami oleh entnis jawa sunda minang dayak asmat separua dan makasar . begitu pula yang terjadi sebaliknya.

  1. keunikan tari tunggal nusantara
      setiap tari pasti mempunyai daya tarik tersendiri yang membuat seseorang atau suatu kelompok bersedia meluang kan waktu untuk melihat atau mempelajari nya. Keunikan tari tunggal nusantara tentu saja berbeda, baik secara fisik,bentuk, jenis tari , maupun teknik penyajiannya dengan jenis tari lainnya.
     
      Daya tarik tari tunggal terutama terletak pada keunikan suatu bentuk jenis tari atau pun ekspresi. Alasannya mereka bergerak, bentuk gerakan, dan fungsi tarian itu sendiri yang membuat perbedaan menjadian begitu kelihatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

pita




Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info